Hasil Cetak Printer Tidak Tajam Bergaris

Hasil Cetak Printer Tidak Tajam Bergaris – Setelah mengetik dengan rapih pada dokumen, baik itu file berupa teks maupun file berupa gambar, sangat diidamkian ketika mencetak hasilnya akan sesuai dengan apa yang diketik atau didesain. Namun keadaan ini bisa saja berbalik, bukannya hasil cetak yang bersih dan tajam melainkan hasil cetak yang tidak tajam bahkan bergaris, yang lebih parah lagi hasil cetak printer sangat bersih alias tidak muncul tinta hehe.

Jenis Tinta Printer Pengaruhi Hasil Cetak

Lalu kenapa hasil print tidak tajam dan bisa bergaris ? berikut ini penjelasan tentang tinta yang bisa membantu anda pembaca untuk menyimpulkan dan memutuskan untuk menggunakan tinta mana yang paling tepat, tentu sesuai dengan kebutuhan anda sendiri.

JENIS TINTA PRINTER

1. Tinta Dye Base

Tinta printer Dye Base merupakan jenis tinta yang dominan berbahan dasar air, dicampur dengan bahan perwarna yang bisa menyatu dengan baik, sehingga kecil kemungkinan Print head tersumbat oleh endapan tinta.

Hasil cetakan pada printer yang menggunakan tinta Dye Base cukup bagus, namun apabila dicetak di atas media yang kurang bagus maka hasilnyapun menjadi tidak bagus, tidak tahan air bahkan luntur bila dicetak diatas kertas HVS.

Saran dari Werutech, pengguna printer yang jarang mencetak sebaiknya menggunakan tinta printer jenis ini, karena tinta printer jenis ini sangat kecil kemungkinan mengendap di print head printer. Dengan demikian meskipun printer jarang digunakan untuk mencetak, head printer akan lebih awet karena tidak tersumbat oleh endapan tinta.

2. Tinta Printer Pigment

Tinta printer jenis Pigment memiliki kualitas cetak yang lebih tajam bila dibandingkan dengan Dye Base, ini karena tinta Pigment berbahan dasar minyak (oil base). Tinta jenis ini lebih anti air, tidak mudah pudar.

3. Tinta Sublimation

Tinta printer jenis Sublimation sering digunakan untuk sablon, yang mana hasil desain di transfer ke media berupa kaos, mug, Keramik melalui kertas sebagai media perantara untuk pemindahan hasil cetakan sablon. Bila ingin hasil sablon lebih baik silahkan gunakan tinta Sublim Korea karena hasilnya akan lebih bagus dibandingkan tinta Sublim Cina.
Bahan dasar tinta Sublim adalah minyak, pewarna dan sat lainnya.

4. Tinta Solvent

Tinta printer jenis Solvent ini memiliki ketahanan yang paling baik terhadap Air dan sinar ultraviolet, karena tinta jenis solvent terbuat dari bahan dasar yang mendekati bahan pembuatan cat duco ditambah dengan bahan-bahan yang disesuaikan untuk tipe printer outdoor.
Tinta printer jenis Solvent tepat digunakan untuk mencetak Banner, Spanduk, billboard, neonbox, dan yang lainnya untuk outdoor karena hasil cetaknya yang lebih awet terhadap Air dan sinar ultraviolet, namun tinta Solvent beraroma lebih tajam dan menyengat.

Agar hasil cetakan tidak beraroma tajam dan biasanya untuk indoor print, digunakan tinta printer jenis Eco Solvent. Dengan tinta jenis ini kita tidak perlu takut dengan aroma yang keras dan menyengat.

Untuk jenis tinta printer mulai dari nomor 2 sampai nomor 4 atau mulai dari tinta printer jenis Pigment sampai tinta printer jenis Sovent, dapat digunakan oleh mereka yang sering mencetak. Oleh karena tinta jenis ini lebih mudah untuk mengering karena kepekatan tintanya lebih tinggi, sehingga dapat menimbulkan tersumbatnya print head.

Sekarang anda sudah tau bukan kenapa hasil cetak printer tidak tajam malah ada yang bergris, semua itu disebabkan oleh tersumbatnya print head. Pada setiap head printer ada semacam pori-pori/lobang semprot tinta ketika mencetak yang bisa saja tersumbat oleh tinta, jadi gunakalah tinta sesuai dengan frekuensi penggunaan printer.

Demikianlah artikel tentang Hasil Cetak Printer Tidak Tajam Bergaris. Dengan mengetahui jenis tinta printer di atas, anda sudah bisa menentukan tinta mana yang cocok dengan anda sendiri, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

10 Tips Aman Menggunakan Internet
Desain Cover CD Dengan Corel Draw X4
Macam-Macam Software Desain Grafis Terbaik
Mengatasi Hasil Cetakan Printer Tidak Rata
Laptop Netbook Layar LCD Goyang Berkedip
Hasil Cetak Printer Tidak Tajam Bergaris
1 vote, 5.00 avg. rating (99% score)

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>