Perintah DOS Dalam Jaringan

Perintah DOS Dalam Jaringan – Perintah Disk Operating System (DOS) jarang banyak yang tahu, biasanya seorang teknisi komputer lebih banyak tau tentang perintah DOS atau sering disebut DOS Command atau disebut juga Command Prompt. DOS Command atau Command prompt juga sering sekali digunakan dalam jaringan, dan bahkan selalu digunakan setiap kali menginstall jaringan atau membangun jaringan networking.

Mungkin saja anda sedang belajar membangun jaringan LAN di rumah atau tempat kerja, tentunya nda ingin tahu perntah atau command apa sajakah yang selalu digunakan dalam membangun jaringan, berikut ini Werutech memaparkan beberapa perintah DOS yang paling sering digunakan ketika membangun jaringan. Ilmu tentang perintah DOS dalam jaringan ini sangat membantu kita didalam membangun sebuah jaringan.

Perintah DOS Untuk Jaringan

1. IPCONFIG

Perintah IPCONFIG digunakan untuk melihat atau menampilkan konfigurasi alamat ip yang ada pada komputer yang sedang digunakan, subnet mask dan default gateway.
Untuk mengetahui kombinasi perintah IPCONFIG, silahkan ketik perintah IPCONFIG /?, maka maka prompt akan menampilkan berbagai perintah IPCONFIG. Salah satu perintah IPCONFIG adalah IPCONFIG /ALL, yaitu perintah untuk menampilkan informasi konfigurasi secara keseluruhan, Misalnya Hostname, Tipe Primary DNS, Ethernet Adapter LAN, dn lainnya.

ipconfig dos command prompt

2. PING

Perintah PING berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan komputer lain dalam jaringan. Perintah PING biasanya digunakan untuk mengecek apakah jaringan yang dibangun sudah dapat menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Perintah PING dikatakan terhubung dengan komputer atau server apabila ada paket yang dikirim dan diterima, sedangkan paket yang hanya bisa dikirim tapi tidak bisa diterima maka koneksi jaringan belum berhasil dilakukan.

ping dos command prompt

Perhatikan gambar di atas, pada perintah PING yang pertama yaitu PING 192.168.1.123 yaitu perintah untuk berkomunikasi dengan komputer atau server dengan alamat ip 192.168.1.123 dikatakan belum behasil karena pada perintah tersebut menghasilkan 100% loss, sedangkan pada perintah kedua yaitu PING terhadap google.com memberihan informasi 0% Loss yang artinya koneksi berjalan dengan baik. Hal ini menentukan apakah ada akses internet di komputer kita atau tidak.

3. HOSTNAME

Perintah HOSTNAME ini juga penting, perintah ini untuk menampilkan nama komputer yang sedang kita gunakan. Misalnya nama komputer yang sdang saya gunakan ini adalah werutech-pc maka ketika kita mengetikan perintah HOSTNAME pada command prompt maka akan muncul Werutech-PC.

Ketiga perintah dasar command prompt di atas sangat penting untuk diingat karena ketiga perintah di atas akan selalu digunakan ketika kita sedang membangun sebuah jaringan lokal (LAN=Local Area Network). Untuk mengembangkan perintah dasar di atas anda bisa google fungsi perintah di atas, semoga artikel ini berguna.

Artikel Terkait Lainnya : Kebutuhan Dalam Membangun Jaringan LAN

Artikel Terkait :

Membuat Memasang Akismet Key
Wow Tablet Android Paling Murah
Mengubah Tampilan Halaman Depan Google
Cara Setting Modem Kartu XL
Software Proteksi File Rahasia
Perintah DOS Dalam Jaringan
1 vote, 5.00 avg. rating (99% score)
  1. kemarin ini keluar dalam ujian saya, duh lupa baca
    astaga

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>