Printer Canon Error 5200 5B00

Kerusakan printer memang paling sering terjadi dibadingkan dengan kerusakan yang timbul pada CPU (centra processing unit) maupun monitor. Printer yang mengalami error 5200 seperti pada judul artikel dari Werutech kali ini, disebabkan oleh kinerja printer yang sudah mulai tidak stabil ketika terlalu sering digunakan untuk mencetak. Oleh karena terlalu sering digunakan mencetak maka sudah tentu printer tersebut sering mengalami gangguan. Nah kenapa sehingga printer sering mengalami gangguan seperti error 5200, berikut ini beberapa penyebab sehingga munculnya pesan error 5200.

Printer Canon Pixma IP 2770 error 5200

Terlalu Sering Mencetak

Printer memang fungsinya untuk mencetak, bukan berarti harus mencetak setiap saat bukan? printer juga merupakan perangkat elektronik yang diperlakukan sama dengan perangkat elektronik lainnya, artinya dalam penggunaannya tidak terlalu dipaksakan. Kalau memang pekerjaan memang mengharuskan untuk mencetak dalam jumlah yang banyak, apa mau dikata, akan tetapi sebaiknya harus membedakan mana yang benar-benar dibutuhkan untuk dicetak dan mana yang tidak harus dicetak. Kadangkala karena ingin mencetak meskipun apa yang akan dicetak tersebut belum tentu bermanfaat, justru tindakan seperti inilah yang menyebabkan printer cepat timbul masalah. Pesan Werutech, jangan mencetak kalau dokumen tersebut tidak terlalu penting untuk dicetak.

Kertas Tersangkut

Beberapa kejadian printer mangalami gangguan ketika mencetak yang menyebabkan kertas tersangkut ketika proses cetak sedang berlangsung. Seandainya kertas tersangkut pada printer, sebaiknya segeralah matikan printer tersebut dan caritahu penyebabnya, biasanya disebabkan karena debu yang berlebihan atau ada benda kecil yang masuk ke roller kertas seperti klip kertas, potongan kertas, kotoran dari langit-langit rumah atau kotoran cicak dan kotoran lainnya.

Penghitung Pencetakan

Printer mempunyai memori untuk menghitung jumlah pencetakan, apabila pencetakan mencapai titik puncak atau sudah mencapai titik maksimum perhitungan maka printer akan memperingati pengguna untuk segera mereset penghitung pencetakan. Hal ini hanya dilakukan dengan menggunakan software khusus resetter. Apabila anda mengalami masalah pada printer dan ingin melakukan reset, silahkan baca artikel Cara Reset Printer Canon IP 2770 atau mungkin anda pengguna printer dengan tipe 1980 silahkan baca artikel Cara Reset Printer Canon IP 1980 dan untuk printer MP258 silahkan baca Cara Reset Printer Canon MP258.

Meskipun masih banyak penyebab kerusakan printer lainnya, namun untuk Ketiga penyebab utama di atas harus diingat dalam perawatan printer, karena pengalaman Werutech dalam menangani printer yang rusak, seringkali terjadi akibat tiga hal di atas.

Dengan mengetahui berbagai penyebab kerusakan printer sehingga muncul pesan error 5200 dan error 5B00, maka diharapkan agar para pengguna printer tidak hanya menunggu perbaikan jikalau sudah rusak melainkan ikut serta merawat printer yang baik dan benar sehingga umur printer lebih panjang dalam penggunaannya. Semoga artikel ini b erguna bagi semua pembaca.

Artikel Terkait :

Cara Reset Printer Canon IP 2770
Cara Perbaiki Reset Printer Canon iP 1980
Tips Menyuntik Tinta Printer Deskjet
Mengatasi Hasil Cetakan Printer Tidak Rata
Cara Memperbaiki Printer Canon MP258 Error E13
Printer Canon Error 5200 5B00
1 vote, 5.00 avg. rating (99% score)

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>